HomeHukum & KriminalTips Hindari Penipuan Investasi yang Mengatasnamakan Entitas Resmi

Tips Hindari Penipuan Investasi yang Mengatasnamakan Entitas Resmi

Channel Batam – Saat ini, marak beredar modus penipuan, salah satunya penawaran investasi terutama melalui SMS dan grup Telegram yang mengatasnamakan perusahaan resmi dengan iming-iming keuntungan yang tinggi dan meminta transfer ke rekening pribadi.

“Kamu harus hati-hati nih guys. Kenali modusnya biar ga kejebak. Pastikan legalitas izinnya ke otoritas yang berwenang sesuai dengan kegiatan usaha yang dijalankan dan gunakan aplikasi yang resmi untuk bertransaksi,” tulis keterangan Instagram @ojkindonesia, dikutip Liputan6.com, Senin (19/7).

Lantas bagaimana untuk mengetahui legalitas izin perusahaan yang tawarkan investasi legal? Berikut cara cek surat izin OJK yang asli.

Pertama, surat izin OJK yang asli dilengkapi dengan QR code yang dapat dipindai dan terhubung dengan situs sipena.ojk.go.id.

Kedua, apabila surat izin yang kamu lihat tidak bisa dipindai atau surat yang ditampilkan berbeda dengan informasi yang ada di QR, dapat dipastikan suratnya palsu.

Ketiga, lembaga jasa keuangan yang terdaftar dan berizin di OJK, cek legalitasnya ke Kontak OJK 157 @kontak157, melalui telepon 157, WA 081 157 157 157, atau email. konsumen@ojk.go.id, untuk cek langsung keaslian dan keabsahan surat.

“Yuk lebih melek digital supaya tidak mudah tertipu surat abal-abal,” tutupnya. (joe)

spot_img
spot_img

Populer

News Update

Berita Terkait