HomeEkbisTips Penting untuk UMKM Agar Bisa Bersaing di Pasar Digital

Tips Penting untuk UMKM Agar Bisa Bersaing di Pasar Digital

Channel Batam – Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk atau Bank BCA, Jahja Setiaatmadja menilai pasar digital merupakan kunci bagi pelaku UMKM untuk keluar dari hambatan mobilitas masyarakat selama pandemi Covid-19.

Jika masih terjebak dalan bisnis konvensional, ruang gerak UMKM akan terus menyempit. Satu-satunya jalan adalah dengan memasarkan produk-produk lokal bermutu dan berkelanjutan.

Menurut dia, kelanjutan kualitas dari produk tersebut wajib dijaga, jangan sampai menurun. Selain itu, Jahja menyebutkan, UMKM juga harus punya tampilan produk yang menarik dan berbeda.

“Misal sama-sama menjual produk A, yang satu bisa sangat menarik packaging-nya. Atau waktu dia ambil foto dari sudut yang menarik, yang lain hanya pasang saja di rak, difoto. Itu beda hasilnya,” ungkapnya dalam sesi webinar, Selasa (6/7).

Hal berikutnya yang patut dicermati adalah soal pelayanan. Jahja mengingatkan, UMKM perlu memberi kesan positif kepada konsumen, baik pada saat sebelum ataupun sesudah pemesanan.

“Apalagi kalau nanti konsumen sudah membeli barang itu. After service-nya bagaimana, kemudian timing mereka mempersiapkan, apakah kalau ada pesanan barang mereka ready dalam satu-dua hari delivery sampai di tangan konsumen,” tuturnya.

spot_img
spot_img

Populer

News Update

Berita Terkait