HomeOpiniAplikasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik

Aplikasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik

Oleh: Dr. Sarmini, S.Pd.,MM.Pd

Sebagai orang Indonesia lahir, besar dan hidup di tanah tercinta merupakan sebuah kebanggaan, kita mempunyai Dasar Negara yaitu Pancasila dengan kelima dasar yang apabila kita pahami dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari akan tercipta kedamaian, keharmonisan, kejayaan dan pastinya kemerdekaan dalam arti yang sesungguhnya.

Permasalahannya adalah, apakah kita sudah mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila yang agung ke dalam kehidupan nyata kita ? Apakah anak-anak kita sebagai peserta didik juga sudah mengaplikasikan Pancasila dalam perilaku dan tutur kata ?

Hari ini merupakan hari lahirnya Pancasila, yaitu tanggal 1 Juni.

Bila kita memebaca buku Sejarah , kita akan menemukan tonggak dimulai sejarah Hari Lahir Pancasila adalah saat Sukarno menyampaikan pidato dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI) tanggal 1 Juni 1945. Pidato Bung Karno tersebut yang akhirnya dirumuskan menjadi Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

BPUPKI mengadakan sidang yang pertama tanggal 29 Mei-1 Juni 1945. Dalam siding tersebut membahas tentang landasan-landasan bernegara atau dasar-dasar Indonesia merdeka. Moh. Yamin sebagai salah satu peserta sidang mengusulkan dasar Indonesia merdeka yaitu:

1. Peri Kebangsaan,
2. Peri Kemanusiaan,
3. Peri Ketuhanan,
4. Peri Kerakyatan, dan
5. Kesejahteraan Rakyat.

Sedangkan Sukarno mengusulkan dasar negara adalah philosophische grondslag (dasar filsafat, fundamen, dan pikiran mendalam yang menjadi dasar dari sebuah negara Indonesia) meliputi :

1. Kebangsaan/nasionalisme
2. Kemanusiaan (internasionalisme)
3. Musyawarah, mufakat,
4. perwakilan Kesejahteraan sosial
5. Ketuhanan yang berkebudayaan

Dalam sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945, Sukarno memperkenalkan 5 dasar dengan nama Pancasila dan dibentuklah panitia kecil dengan anggota 8 orang yang bertugas untuk menampung dan mengidentifikasi usulan semua anggota BPUPKI.

spot_img
spot_img

Populer

News Update

Berita Terkait