HomeCoronavirusTips Biar Nggak Tertipu Tes Antigen Bekas

Tips Biar Nggak Tertipu Tes Antigen Bekas

Channel Batam, JAKARTA – Terbongkarnya penggunaan alat tes antigen bekas di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara memberikan pelajaran penting bagi masyarakat. Dari kasus ini, masyarakat kini harus waspada saat tes antigen, artinya masyarakat juga harus memastikan alat yang dipakai layak untuk digunakan.

Direktur Utama PT Joy Indo Medika, Ni Kadek Asmiari mengungkapkan, pasien bisa turut mengawasi sendiri alat tes ini sebelum digunakan untuk ‘mencolok’ hidung mereka.

Kadek pun membagikan sejumlah tips agar terhindar dari risiko penggunaan alat rapid test antigen daur ulang atau bekas. Pertama dengan mengecek label pada kemasan alat tes yang berisi informasi izin edar resmi dari intansi terkait.

“Biasanya kalau memang fair, klinik itu kasih lihat ko box ‘Oh ini sudah ada izin edar, sudah ditempelin stiker atau ter-print sendiri’,” ucapnya dikutip dari detikcom.

Kedua, tambah Kadek, masyarakat juga bisa memastikan kualitas alat tersebut saat membuka segelnya. Pasien harus memastikan langsung bahwa segel pada kemasan alat test masih dalam kondisi baik. Dengan demikian, masyarakat juga turut memantau jalannya tes antigen tersebut.

“Kalau alat daur ulang, itu sangat mudah diketahui. Serapih-rapihnya dikemas ulang, dia nggak akan rapih. Kalau yang baru itu dia kemasannya segel pabrik. Kalau dia kemas ulang pasti kelihatan, entah itu direkatkan lagi dengan selotip di ujung kemasannya atau yang lain. Yang jelas itu nggak akan rapih,” tuturnya.

Dia melanjutkan, untuk pengawasan ini, memang butuh peran serta dari masyarakat. Karena bila masyarakat tak turun berperan aktif pada alat tes yang digunakannya, maka kejadian alat test daur ulang ini sangat mungkin terjadi di tempat lain.

spot_img
spot_img

Populer

News Update

Berita Terkait