HomeWisataCorona di Batam Naik Lagi, Bagaimana Rencana Pembukaan TCA dengan Singapura?

Corona di Batam Naik Lagi, Bagaimana Rencana Pembukaan TCA dengan Singapura?

Channel Batam – Berharap bisa segera menerima kembali turis mancanegara seiring rencana pengaktifan travel corridor arrangement (TCA) dengan Singapura, nyatanya Batam harus menerima fakta bahwa kasus positif Covid-19 naik lagi. Bahkan, Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad termasuk di dalam daftar pasien tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, Didi Kusmarjadi, mengonfirmasi kebenaran kabar tersebut. Didi mengatakan, Amsakar dinyatakan positif Covid-19 sejak akhir pekan lalu. “Sudah beredar duluan beritanya,” kata Didi, Jumat, 16 April 2021, dikutip dari kanal Regional Liputan6.com.

Didi menyebutkan, usai terkonfirmasi positif Covid-19, Amsakar langsung menjalani isolasi di Rumah Sakit Awal Bros. Selain dia, istrinya yang bernama Erlita Sari juga terpapar Covid-19. Keduanya menjalani perawatan isolasi sejak 10 April 2021.

Sementara itu, Tim Gugus Tugas Covid-19 Melayu Dinas Kominfo Kota Batam mengatakan, jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kota Batam kembali melonjak. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batam Azril Apriansyah menyebut, kasus Covid-19 di Batam yang meningkat lagi disebabkan kendornya kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Laporan Tim Satgas Pengawasan Covid-19 pada 14 April 2021 terdapat penambahan 90 kasus positif baru. Sedangkan untuk yang sembuh sebanyak 15 orang,” katanya.

Dalam kesempatan berbeda, pertengahan Maret 2021, Amsakar saat itu mengatakan sektor pariwisata di Batam, termasuk Bintan, berkontribusi signifikan terhadap PAD, kurang lebih mencapai 30 persen sebelum pandemi melanda. Posisinya di bawah sektor manufaktur yang menyumbang sekitar 56 persen terhadap pendapatan daerah. Maka, pembatasan perjalanan sangat berdampak pada perekonomian daerahnya.

“Kalau seperti itu terus, Batam semakin sesak napas,” ujarnya saat ditemui di Kepri Coral di sela Famtrip Batam bersama Dinas Pariwisata Provinsi Kepri.

Ia mengakui kepariwisataan Batam sangat ditopang kunjungan turis dari Singapura dan Malaysia. Ia menyambut baik rencana TCA dengan Singapura yang awalnya akan dibuka per 21 April 2021. Ia mengaku protokol kesehatan diperketat agar bisa kembali membuka pintu kunjungan wisatawan, meski terbatas di Nongsa Park dan Lagoi Bintan. Tetapi, dengan kenaikan angka positif Covid-19, bagaimana nasib TCA Batam/Bintan dan Singapura?

Masih Dibahas

Rencana awal mulai goyah. Merujuk arahan Presiden Joko Widodo, penerapan TCA harus mempertimbangkan situasi yang ada. Jika semakin kondusif, rencana TCA bisa dilaksanakan. Sebaliknya, jika perkembangan kasus COVID-19 naik, akan ditinjau ulang.

spot_img
spot_img

Populer

News Update

Berita Terkait