HomeOpiniUrgensi Komunikasi Verbal Pada Kalangan Remaja

Urgensi Komunikasi Verbal Pada Kalangan Remaja

Komunikasi adalah kunci dalam setiap bentuk aktifitas apapun. Komunikasi memegang peranan penting yang tidak bisa tidak, harus kita kedepankan, sehingga tidak terjadi mis persepsi. Dalam organisasi, sosialisasi bermasyarakat, pergaulan, proses pendidikan, dan dalam semua aspek kehidupan, komunikasi adalah the Real Key agar sesuatu jelas maksud dan tujuan.

Bila kita bicara tentang Komukiasi mari kita ingat sejenak Teori Komunikasi Lasswell
Harold Lasswell, teoritikus ternama yang mempunyai pemikiran cemerlang , ide dan fikirannya terkait ilmu sosial dan komunikasi. Sebuah artikel klasik yang ditulisnya pada tahun 1948 yang berjudul The Structure and Function of Communication in Society, Lasswell menyajikan suatu model komunikasi yang berbentuk sederhana. Menurut Lasswell komunikasi dapat didefinisikan sebagai :
a. Who,
b. Says What,
c. In Which Channel,
d. To Whom,
e. With What Effect
(Siapa Mengatakan Apa Melalui Saluran Apa Kepada Siapa Dengan Efek Apa).

Model yang diutarakan Lasswell ini secara jelas mengelompokkan elemen-elemen mendasar dari komunikasi ke dalam lima elemen yang tidak bisa dihilangkan salah satunya (Laswell dalam Littlejohn, 2011:334).

Dari formulasi Laswell terdapat 5 komponen yang dapat digunakan untuk analisis proses komunikasi.

1.      Who (siapa/sumber)
Who dapat diartikan sebagai sumber atau komunikator yaitu, pelaku utama atau pihak yang mempunyai kebutuhan untuk berkomunikasi dan yang memulai suatu komunikasi, bisa seorang individu, kelompok, organisasi, maupun suatu negara sebagai komunikator. Pihak tersebut bisa seorang individu, kelompok, organisasi, maupun suatu Negara sebagai komunikator.

2.      Says what (pesan)
Says menjelaskan apa yang akan disampaikan atau dikomunikasikan kepada komunikan (penerima), dari komunikator (sumber) atau isi informasi. Apa yang akan disampaikan atau dikomunikasikan kepada penerima (komunikan), dari sumber (komunikator) atau isi informasi. Merupakan seperangkat symbol verbal/non verbal yang mewakili perasaan, nilai, gagasan/maksud sumber tadi. Ada 3 komponen pesan yaitu makna, symbol untuk menyampaikan makna,dan bentuk/organisasi pesan.

3.      In which channel (saluran/media)
Saluran/media adalah suatu alat untuk menyampaikan pesan dari komunikator (sumber) kepada komunikan (penerima) baik secara langsung (tatap muka) maupun tidak langsung (melalu media cetak/elektronik).

spot_img
spot_img

Populer

News Update

Berita Terkait