HomeEkbis3 Kunci Sukses Bisnis Raup Cuan Pasca Pandemi

3 Kunci Sukses Bisnis Raup Cuan Pasca Pandemi

Channel Batam – Pelaksanaan vaksinasi di awal tahun menjadi titik terang sejak pandemi melanda Indonesia dalam satu tahun terakhir. Kabar ini memberikan optimisme tersendiri di kalangan pelaku bisnis untuk segera menjalankan kegiatan usaha dengan normal.

Startup penyedia layanan point-of-sale, Qasir mengajak para usahawan untuk mengantisipasi situasi yang akan datang tersebut. CEO Qasir, Michael William, membagikan pandangannya.

Vaksin memang sudah di depan mata, namun pelaksanaanya butuh proses agar bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Usahawan bisa menganggap proses tersebut sebagai periode revitalisasi, yang bisa dimanfaatkan untuk menyiapkan amunisi sebelum industri kembali normal sepenuhnya.

“Jika kita sudah melalui tahap adaptasi ke teknologi digital selama pandemi ini, saatnya kita mulai masuk ke tahap optimalisasi. Pemanfaatannya mesti ditingkatkan, fitur-fitur dan layanan yang belum tersentuh dari platform digital harus lebih dieksplor,” ujar Michael, dikutip pernyataan resmi, Jakarta, Jumat (2/4).

Michael melanjutkan, strategi perlu dilakukan pasca-pandemi mengingat upaya pemerintah yang sudah mulai mendistribusikan vaksin untuk meminimalisir laju dan penyebaran virus Covid-19 di berbagai wilayah Indonesia. Qasir optimis dengan adanya vaksinasi akan menstimulus daya beli masyarakat dan berdampak pada laju pertumbuhan ekonomi.

Pemerintah melalui OJK juga menggelontorkan dana kredit sebanyak Rp 388.33 triliun untuk 6.15 juta debitur dari pelaku UMKM untuk menggairahkan pemulihan usaha.

“Jangan sampai usahawan kelabakan karena tidak menyiapkan strategi pasca-pandemi sedari dini. Langkah-langkah tadi kami anjurkan supaya usahawan tidak kehilangan momentum, telat adaptasi dan adopsi yang akhirnya malah berpengaruh buruk terhadap penjualan dan pertumbuhan bisnis kedepannya,” jelas Michael.

Michael mengungkapkan setidaknya terdapat tiga trik yang dapat dilakukan usahawan untuk mempersiapkan diri memasuki era pasca-pandemi.

spot_img
spot_img

Populer

News Update

Berita Terkait