HomeNasionalPeluang Prabowo dan Airlangga di antara 4 Poros Koalisi Pilpres 2024

Peluang Prabowo dan Airlangga di antara 4 Poros Koalisi Pilpres 2024

Channel Batam – Pemilu 2024 diprediksi akan memunculkan empat poros kekuatan politik. Para partai besar diyakini akan mengusung calon presiden masing-masing sehingga menjadikan pertarungan menjadi banyak calon.

Peneliti CSIS Arya Fernandes mendorong agar para bakal calon presiden sejak dini mendeklarasikan diri untuk siap bertarung pada 2024 nanti. Dia juga sepakat apabila pertarungan Pilpres tiga tahun mendatang mempertemukan lebih dari dua calon presiden.

“Saya sepakat calon lebih dari dua, kandidat termotivasi untuk berkompetisi. Sehingga akan adu program yang bagus. Sehingga ujungnya kepentingan publik. Lebih dari dua kalau bisa,” kata Arya saat dihubungi, Kamis (1/4).

Arya memprediksi, akan ada empat poros koalisi dalam pertarungan pemilu nantinya. Partai besar seperti PDIP, Gerindra, NasDem dan Golkar akan punya jagoan masing-masing.

“Poros-poros yang dipertimbangkan, itu poros PDIP, karena bisa mencalonkan, poros Golkar, poros Gerindra, dan poros NasDem. Jadi ada empat poros yang aktif melakukan komunikasi. Masih sangat panjang, fluktuatif, bisa saja porosnya berubah. Tapi kita berharap semakin banyak poros semakin bagus. Karena kemungkinan calon lebih dari dua terjadi,” jelas Arya lagi.

Dia berharap, partai mulai aktif bergerak membangun komunikasi koalisi sejak awal. Para calon tak perlu malu-malu jika ingin maju sebagai calon presiden.

“Harus ngomong dari sekarang saya mau jadi capres. Terbuka saja, justru itu bagus. Kalau malu-malu nanti tidak dapat partai,” kata Arya.

Seperti diketahui, sampai hari ini baru dua partai politik yang telah menegaskan calon presidennya masing-masing di 2024. Gerindra dengan Prabowo Subianto dan Golkar dengan Airlangga Hartarto.

spot_img
spot_img

Populer

News Update

Berita Terkait