HomeEkbisSatgas Saber Pungli Sebut e-Money Bisa Cegah Pungli di Pelayanan Publik

Satgas Saber Pungli Sebut e-Money Bisa Cegah Pungli di Pelayanan Publik

Channel Batam – Sistem uang elektronik (e-Money) bisa mencegah praktik pungutan liar dalam pelayanan publik. Sistem ini relatif tidak membuat adanya tambahan biaya di luar aturan.

Sekretaris Satgas Saber Pungli Irjen Agung Makbul mengatakan sektor publik rawan dengan praktik pungutan liar di berbagai sektor. Di antaranya layanan imigrasi, catatan sipil di pemerintah atau layanan kesehatan.

Beberapa upaya pencegahan dan inovasi perbaikan sistem harus terus dilakukan agar praktik pungutan liar bisa hilang. Isu ini menjadi salah satu poin yang disampaikannya saat mengisi acara Penguatan Pembinaan Pegawai Pencegahan Pungli untuk Mewujudkan Pelayanan Publik yang Bersih dalam Membangun Zona Integritas Menuju WBK di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung, Jumat (5/3).

“Memang (sistem pencegahan) kita belum sempurna, tetapi harus berbuat, kita berbuat (berinovasi dan melakukan pencegahan) saja masih banyak (pungutan liar) apalagi tidak berbuat,” kata Agung.

Sikap profesionalisme dan transparansi pegawai tetap harus ditunjang dengan sistem yang baik. Menurut dia, sektor layanan publik harus bisa memanfaatkan inovasi yang bisa mencegah praktik pungutan liar, salah satunya adalah memanfaatkan e-Money.

“Sistem yang transaksi manual itu kalau bisa sudah menggunakan e-Money. Dengan e-Money otomatis orang pembayarannya bukan melalui person to person tapi mesin yang berbicara,” kata dia.

Di tempat yang sama, Kepala Imigrasi Kelas I TPI Bandung Arief Hazairin Satoto menyambut baik arahan yang disampaikan Agung. Ia menegaskan sudah menggunakan sistem e-Money dalam pelayanan kepada masyarakat.

“Kalau di imigrasi kita tidak menerima uang, bayarnya lewat ATM, kantor pos bisa, dan lain-lain (bisa),” tandasnya. (*)

spot_img
spot_img

Populer

News Update

Berita Terkait