Home Metro 20 Sekolah Batam Jadi Percontohan Sekolah Penggerak, Apa Istimewanya?

20 Sekolah Batam Jadi Percontohan Sekolah Penggerak, Apa Istimewanya?

Channel Batam – Sebanyak 20 sekolah di Kota Batam, Kepulauan Riau, ditetapkan sebagai sekolah penggerak. Sekolah penggerak merupakan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui pelajar Pancasila.

Program Sekolah Penggerak, fokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik, mencakup kompetensi literasi dan numerasi serta karakter, diawali dengan kepala sekolah dan guru yang unggul.

BACA: Viral Suami Disuruh Pakai Bra Sama Bosnya, Istri Ngamuk Labrak Atasan

Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri dan swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak satu hingga dua tahap lebih maju.

Program itu dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Program Sekolah Penggerak.

“Kami berharap, dengan adanya program tersebut dapat meningkatkan kompetensi SDM dan layanan pendidikan di Batam,” kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi dalam keterangan tertulis di Batam, Selasa (16/2/2021).

Pemkot Batam berkomitmen membuatkan kebijakan dan menyiapkan anggaran untuk sekolah dan sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk mendukung program pemerintah pusat itu.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Hendri Arulan menjelaskan 20 sekolah yang menjadi percontohan itu terdiri dari dua TK, tujuh SD, lima SMP, empat SMA, dua SLB.

BACA: Tega! 3.000 Babi Dimusnahkan di Hong Kong, Ada Apa?

“Mudah-mudahan ini dapat berjalan dengan lancar,” katanya.

Pihaknya akan menyeleksi sekolah yang dinilai baik untuk menerapkan program nasional itu.

“Tujuan akhir yang diharapkan Mendikbud RI, semua sekolah menjadi Sekolah Penggerak,” kata dia. (joe)

Populer

News Update

Berita Terkait