Home Opini Eksistensi Sekolah Islam Nabilah di Masa Pandemi

Eksistensi Sekolah Islam Nabilah di Masa Pandemi

KAPAN akan menerapkan PTM (Pembelajaran Tatap Muka)? Pertanyaan ini yang sering kita dengar akhir-akhir ini. Dilema, memang. Tapi dari semua kebijakan memang include dengan konsekuensi, pastinya. Siapa yang akan menanggung konsekuensi? ya semua pihak, makanya harus samakan dulu visi misi dan persepsi dalam memandang sebuah masalah. Termasuk masalah pendidikan di saat ini. Saat di mana semua tidak ada yang menginginkan kondisi pandemic dengan segala resikonya.

Semua jenjang sekolah mulai dari PAUD, SD, SMP, dan SMA mempunyai masalah masing-masing terkait dalam penentuan kebijakan. Pemerintah juga tidak mudah untuk membuat regulasi, karena banyak sekali pertimbangan dan aspirasi yang harus ditampung sehingga regulasi terkait nantinya akan mewakili seluruh pihak.

Dalam SKB 4 Menteri sudah kita ketahui bahwasannya soal Pembelajaran Tatap Muka diserahkan Kebijakan Daerah masing-masing, dengan Pertimbangan Daerah lebih mengetahui kondisi dan situasi daerahnya. Dengan demikian kita juga melihat betapa Pemerintah Daerah juga sangat berhati-hati dalam membuat keputusan. Sehingga yang kurang paham akan berpikir kok lambat dalam ambil keputusan.

Dan kebijakan yang diambil juga berubah-rubah. Tetapi sebenarnya bila kita mau sedikit saja menganalisa, bukan keputusan yang berubah-rubah tetapi karena kondisi masyarakat yang terkontaminasi Covid-19 ini masih sangat mengkhawatirkan. Katagori zona pun berubah-rubah setiap pekan.

Perlu dipahami juga bahwa Pemerintah Kota berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota ataupun Provinsi juga Satgas Covid-19 juga selalu memberikan informasi terkait hal ini.

Tanggapan beragam tentang Pembelajaran Tatap Muka ini juga menjadi pertimbangan tersendiri. Pro dan kontra terhadap wacana Pembelajaran tatap muka bukan hanya berasal dari wali murid saja tetapi juga dari sekolah maupun tokoh masyarkat.

Di Kota Batam, dari informasi Dinas Pendidikan, sekolah yang mengajukan untuk Pembelajaran Tatap Muka untuk jenjang SD ada 62, SMP ada 16 dan yang PAUD hampir 120-an.

Di dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Nomor 49/419.4/DISDIK/II/2021 tentang Tim Verifikasi Pelaksanaan Protokol Kesehatan di Satuan Pendidikan Pada Pembelajaran Tatap Muka Semester Genap Tahun Pelajaran 2020-2021 di Masa Pandemi Covid-19 salah satu isinya adalah tentang tim verifikasi.

Tim inilah yang akan turun ke Satuan Pendidikan di wilayah Kota Batam sehingga dipastikan untuk kelayakannya dalam memberlakukan Pembelajaran di Sekolah tersebut.

Pada hari Jum’at, tanggal 29 Februari 2021, juga sudah hadir tim verifikasi dari Dinas Pendidikan Kota Batam ke SMP Islam Nabilah dan seperti pada poin-poin penilaian tersebut, SMP Islam Nabilah dikatakan layak untuk mengadakan PTM.

Sedang instrument dalam verifikasi tersebut indikator penilaiannya di lokasi yang ada di sekolah meliputi :

a. Persyaratan Umum,
b. Gerbang sekolah,
c. Perpustakaan,
d. Ruang praktikum,
e. Ruang ketrampilan,
f. Toilet,
g. Tempat ibadah,
h. Tangga dan lorong,
i. Lapangan,
j. Ruang serba guna dan olahraga,
k. Asrama (bila ada).

Penilaian juga meliputi :

a. Protokol Umum Sekolah
b. Protokol Sarana dan Prasarana
c. Protokol Tenaga Pendidik dan Kependidikan di Sekolah
d. Protokol Tenaga Pendidik dan Kependidikan di Rumah
e. Protokol Kesehatan Berangkat ke Sekolah
f. Protokol Kesehatan selama berada Sekolah
g. Protokol Kesehatan selama Proses PTM di Sekolah
h. Protokol Kesehatan Pulang PTM dari Sekolah

Sekolah Islam Nabilah Batam berkomitmen akan menyiapkan yang terbaik agar kegiatan PTM berjalan dengan lancar dan terjaga, serta aman. Bila sudah mendapatkan ijin rekomendasi dari Dinas Pendidikan Kota Batam. Walaupun untuk saat ini di Kota Batam yang sudah diperbolehkan melaksanakan Pembelajaran Kota Batam baru sekolah-sekolah yang ada di wilayah hinterland, yaitu sekolah di wilayah kecamatan Bulang, kecamatan Belakang Padang dan kecamatan Galang sedangkan yang lain belum melaksanakan PTM.

Sebagai bukti keseriusan Sekolah Islam Nabilah Batam agar tetap eksis di masa Pandemi Covid-19 ini, sekolah tetap membuat program seperti, Webinar Series Nabilah, Penyemprotan desinfektan secara bertahap, penyiapan fasilitas terkait protokol kesehatan, penyelenggaraan test Rapid untuk seluruh tenaga pendidik dan kependidikan serta terus menyiapkan pembelajaran baik via Tatap Muka Langsung ataupun via aplikasi Pembelajaran Virtual.

Hari Rabu, tanggal 3 Februari 2021, yang lalu sekolah juga mengadakan Talk Show di Batam Televisi, untuk Sosialisasi Pembelajaran Sekolah dengan tema “ Eksistensi Sekolah Islam Nabilah Batam di Masa Pandemi Covid-19 “.

Kegiatan ini dengan Nara Sumber Dr. Sarmini, S.Pd.,MM.Pd, Direktur Pendidikan Sekolah Islam Nabilah, dan juga Bp. Arif Rahman Hakim, S.T.MT.IPM.HRP.CPHM, Direktur Umum Sekolah Islam Nabilah Batam.

Pada acara tersebut ada beberapa poin yang menjadi titik penekanan adalah :

1. Sekolah Islam Nabilah Batam mengikuti arahan Dinas Pendidikan terkait Pembelajaran Tatap Muka dan juga Pembelajaran Virtual.

2. Sekolah Islam Nabilah menyaipkan Diri Menyambut PTM dengan semaksimal mungkin.

3. Sekolah Islam Nabilah Siap mengadakan PTM bila sudah mendapatkan ijin rekomendasi dari Dinas Pendidikan Kota Batam.

4. Tim Verifikasi Dinas pendidikan Kota Batam sudah turun visitasi ke SMP Islam Nabilah dan hasilnya layak untuk mengadakan PTM, yang akan dilaksanakan secara bertahap (kelas 9) terlebih dahulu di pertengahan bulan Februari 2021.

5. Sekolah Islam Nabilah tetap menjaga eksistensi di Masa Pandemi Covid-19 ini dengan menerapkan Disiplin Protokol Kesehatan serta membiasakan New Normal dalam setiap aktivitasnya.

6. Maksimalkan fungsi media untuk promosi dan sosialisasi Kegiatan Sekolah, baik lewat Facebook, Instagram, Email, Website Sekolah, Podcast, Youtube dan fasilitas media aplikasi lainnya, seperti media cetak dan media penyiaran, Batam TV misalnya.

7. Sekolah Islam Nabilah sudah membuka PPDB per tanggal 11 Januari 2021 untuk Tahun Pelajaran 2021-2022.

8. Sekolah Islam Nabilah Batam memberikan diskon sebagai bentuk empati di masa pandemic Covid -19 ini bagi calon siswa baru, mulai dari diskon 50% Uang Sarana Tetap untuk semua siswa baru (jenjang SD-SMA), diskon SPP, diskon Internal jika naik ke jenjang, discount bagi pendaftar jika bersaudara (kakak adik), Discount untuk warga Dutamas, Anak guru dan karyawan, anak yatim/yatim piatu, untuk remaja masjid, untuk siswa hafal Al Qur`an, dan juga siswa yang Nilai UN tertinggi 1,2,3.

9. Sekolah Islam Nabilah siap memberikan pelayanan terbaik dan menjadi fasilitator terbaik dalam menyiapkan generasi penerus bangsa yang cerdas intelektual, emosional dan spiritual

Kata-kata bijak tentang pendidikan memberikan pandangan yang lebih luas tentang pendidikan itu sendiri. Dengan mengaminkan kata-kata tersebut, kita dapat mendapatkan makna yang global dari seluruh dunia yang tentunya memiliki masalah berbeda-beda di setiap wilayahnya.

Di akhir tulisan ini penulis ingin mengutip kata–kata bijak tentang pendidikan. Ki Hajar Dewantara mengatakan “Apapun yang dilakukan oleh seseorang itu, hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, bermanfaat bagi bangsanya, dan bermanfaat bagi manusia di dunia pada umumnya.”

Najwa Shihab mengatakan “Hanya pendidikan yang bisa menyelamatkan masa depan, tanpa pendidikan Indonesia tak mungkin bertahan.” .

Mari bersama-sama menjadi fasilitator pendidikan terbaik untuk anak-anak kita, semoga Allah meridhoi usaha kita semua.

Seperti janji Allah akan memberikan derajat yang setinggi-tingginya bagi hamba-nya yang menuntut ilmu. Tingginya derajat orang yang menuntut ilmu berada jauh di atas orang-orang yang tidak memiliki gairah dalam menuntut ilmu.

Dalam Alquran surah al-Mujadilah ayat 11, Allah SWT berfirman yang artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan padamu, “berilah kelapangan di dalam majelis-majelis”, maka lapangkanlah. Nisacaya Allah akan memberikan kelapangan padamu. Dan apabila dikatakan, “berdirilah kamu”, maka berdirilah.

Niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan (hanya) kepada Allah hendaknya orang-orang beriman.”

Oleh : Dr. SARMINI, S.Pd.,MM.Pd

Dr.Sarmini, S.Pd.,MM.Pd, Direktur Pendidikan Sekolah Islam Nabilah, Batam
Dosen Universitas Batam
Dosen Universitas Ibnu Sina Batam

 

Populer

News Update

Berita Terkait