Home Ekbis UMKM Dapat Duit Rp 1,5 T, Jokowi: Harus Naik Kelas!

UMKM Dapat Duit Rp 1,5 T, Jokowi: Harus Naik Kelas!

Channel Batam – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan penandatanganan kerja sama antara investor asing dan domestik bersama pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), sebanyak 56 perusahaan besar dari luar dan dalam negeri resmi menggandeng 196 pelaku UMKM lokal dengan total nilai kontrak Rp 1,5 triliun.

Berbicara secara virtual, Jokowi menekankan kemitraan strategis ini akan terus dikembangkan dengan prinsip saling menguntungkan satu sama lain serta meningkatkan daya saing di pasar global.

“Kemitraan UMKM dengan usaha besar ini sangat penting. Agar apa? Agar UMKM kita bisa masuk dalam rantai produksi global. Global value chain. Agar meningkatkan peluang UMKM kita untuk bisa bisa naik kelas,” kata Jokowi, Senin (18/1/2021).

Kerja sama ini, kata Jokowi, diharapkan dapat membantu UMKM lokal meningkatkan kapasitas produk, memperbaiki desain, serta menyempurnakan manajemennya agar ke depan mampu mengakses permodalan untuk menjadi lebih besar.

“Agar kita bisa manfaatkan kerja sama dengan kolaborasi dengan usaha besar ini untuk bisa menaikkan level kelasnya. Pelan-pelan, syukur-syukur bisa cepat,” jelasnya.

Jokowi menekankan kerja sama ini harus mengedepankan prinsip saling menguntungkan antara usaha besar dan UMKM. Jokowi menginginkan kerja sama ini terus berlanjut ke depannya.

Populer

News Update

Berita Terkait